Berhentilah Menjadi Script Kiddie - Ensikology

Berhentilah Menjadi Script Kiddie

Berhentilah Menjadi Script Kiddie
Script Kiddies adalah tingkatan level yang paling rendah, mereka hanya tahu tentang dasar bagaimana memodifikasi Script atau program dengan mencari artikel pendukung di internet, forum maupun Youtube. Segala informasi merekan kumpulkan mengubah script yang sudah ada dengan cara coba- coba. Kemampuan mereka dalam membuat atau merusak suatu program tergolong rendah. Sebagian dari mereka memodifikasi suatu program hanya untuk iseng atau menghabiskan waktu tapi sebagian lagi dari mereka mempunya maksud agar orang lain mengetahui bahwa dirinya adalah Hacker yang merusak program pada hal yang mereka terapkan adalah salah. Aksi merusak website mereka dari forum atau bertanya langsung pada ahlinya, lalu mereka mendatangi situs-stitus yang berbau Hacker berharap dapat informasi terbaru mengenai celah keamanan terbaru dan mencari korbannya melalui Google. Setelah berhasil mereka menutupnya dengan beberapa buah kata "Hacked by..." Apa yang mereka perbuat kadang-kadang mereka tidak tahu resikoi akan perbuatan mereka.

Oke baik sebelumnya maaf kalau tulisan saya ini agak Kusam. Maaf kalau harus membuat kalian tersinggung, Setiap hari exploit demi exploit terus dipublikasi di situs-situs Underground para Hacker. Setiap hari selalu aja aku lihat satu persatu situs mulai berjatuhan dan halaman index situs yang menjadi korban telah berubah secara frontal dengan Background rata-rata berwarna hitam dengan tulisan "Hacked By..." mereka yang mulai kenal dengan istilah hacker mulai mencari berpuluh-puluh tutorial di internet tentang cara men-deface situs. mencoba bertanya dimilis, forum, bahkan sampai meminta-minta, hingga bertanya langsung pada sang Defacer via Chatting. dan mereka mendapatkan jawaban "saya bukan hacker kaka". "saya cupu om" ataupun "Hacker apaan sech om?".

Yap, sebuah statement merendah diri merendahkan diri menaikan mutu dari seorang defacer kacangan yang mengaku Hacker. 4 tahun lebih saya terjun di Dunia Underground dan melihat scene hacking khususnya di Indonesia, apa yang saya liat tentang hacking situs selama ini dilakukan bukan oleh seorang hacker, bahkan seorang cracker. Mereka hanya seorang Script Kiddies yang menyombongkan dirinya dari hasil deface mereka dan mereka berbangga dalam hati mereka dan yang paling jijik mereka menyebut diri mereka "I am Hacker"...

Kenapa mereka saya sebut rata-rata Script Kiddies? bukan, bukan saya meng-claim defacer itu seorang Script Kiddies, ada beberapa dari mereka yang mempunyai skill yang tidak main-main, tapi rata-rata para Cracker baru yang saya liat selama ini hanyalah seorang yang mengaku Hacker tapi buta akan Programming, tidak bisa membuat suatu Program. Tidak mengerti bagaimana cara mencari Exploit itu sendiri. Mereka hanya singgah di situs Hacker, melihat news bug terbaru, mencari korban melalui Search Engine, menginjeksi exploit pada Url/Link korban. Mendapat password sang admin web yang masih terenkripsi, lalu mengcracking password itu pada sebuah situs password cracking tanpa tau cara kerjanya. Setelah password asli telah dideksripsi, mereka masuk kedalam situs korban yang dituju serta melakukan pengerusakan besar-besaran dan menyebut diri mereka dengan bangga dalam hati "I am Hacker!!"

Perlu kalian ketahui, beribu-ribu situs yang kalian deface dalam satu hari tidak akan menjadikan kalian seorang Hacker. Sebuah statement bodoh jika ada seorang mengklaim mereka seorang Hacker tapi buta programing dan tidak bisa membuat program sendiri. Sebuah statement bodoh apabila seorang mengklaim diri mereka hacker dan mendeface sebuah situs melalui shell inject tapi mereka ga bisa lepas dari Windows dan tidak pernah mau apabila disuruh menginstal Linuk pada Hardisk mereka dengan alasan Linux atau Unix itu susah!! What the fuckk!! and you claming yourself a hacker???!!

Friend.. open your eyes, you're not a hacker! you just script dumb kiddies!! take a look around, seorang hacker tingkat tinggi melakukan deface untuk memberi tahu sang admin bahwa ada kelemahan pada situsnya dan mereka berani bertanggu jawab atas perbuatannya. Seorang Cracker berbahaya mendeface sebuah situs karena hanya ingin mencari keuntungan materi dari itu semua dan sorang script kiddies mendeface sebuah situs hanya untuk pamer dan menjadi terkenal tanpa berani bertanggung jawab pada perbuatan mereka.

Cukup buat kalian tau sahajah, seorang hacker dan cracker mampu membuat dan memodifikasi sebuah Porgram, lain ha dengan Script Kiddies, tidak ada yang dibanggain dari mereka, mereka hanya merusak dan merusak tanpa tau bagaimana cara memperbaiki apa yang mereka rusak. Jadi masuk kedalam manakah kalian?!

Tidak adakah rasa malu kalian ketika kalian bisa membuat situs hancur dalam sekejap tapi kalian tidak mengerti ketika seorang bertanya apa itu TCP/IP, bagaimana mengkonfigurasi Firewall, bagaimana port yang terbuka, apa perbedaannya methode post dan get.

Tidak adakah rasa malu kalian ketika kalian mampu membuat situs itu jadi bermasalah dalam waktu yang lama tapi kalian tidak mengerti cara memfilter Syntax SQL yang memungkinkan seorang attacker masuk melalui SQL Injection, cara Patching situs yang terkena masalah Remote File Inclusion.

Tidak adakah rasa malu kalian ketika kalian disebut hacker oleh orang lain tapi ketika kalian di tes untuk kerja oleh sebuah perusahaan dan disuruh membuat Program dari bahasa pemograman yang kalian kuasai ternyata tidak ada satupun bahasa program yang kalian kuasain.. dan kalian menyebut bahwa kalian Hacker? kalian salah besar kawan, kalian cuman nol besar!

Untuk menjadi seorang defacer sangatlah mudah, tidak perlu banyak pengetahuan lebih, tapi untuk menjadi; The Real hacker bukanlah sebuah hal yang gampang. Ketekunan, rasa ingin tahu yang sangat besar, membuat, menghadapi dan menyelesaikan masalah bakal membuat kalian menjadi seorang Hacker yang cukup handal untuk kelak menghadapi hari esok.

So.. Jadikanlah hidup kalian ini lebih berharga, mulailah dari sekarang yakinin di hati kalian bahwa jangan ada lagi kata main-main, jangan pernah lagi melakukan hal-hal yang tidak jelas dan tentunya sia-sia tanpa ada suatu alasan yang jelas. Jangan tunggu besok lagi untuk berubah, karena hari esok belum tentu berpihak buat kita dan walaupun saya sering melakukan deface terhadap situs-situs dan mampu membuat program sederhana. Tapi saya belum pantes menyendang gelar seorang Hacker. Masih ada orang yang lebih pantes menyandang gelar itu dan hingga saat ini saya masih tetap berjuang untuk terus belajar, belajar untuk menemukan titik cerah dalam hidup. Karena saya mengerti bahwa satu detik dalam hidup sangat berharga dan tidak akan pernah bisa terulang lagi.

Segala sestau itu butuh proses, tidak mungkin baru lahir udah bisa baca, tidak mungkin baru lahir langsung bisa lari. Buat saya sama halnya dengan Hacker, dari yang newbie hacker sampai elite hacker itu tergantung kemauan dan kemampuan yang kalian miliki. Yang penting adalah belajar, bertanya, dan ada kemauan yang besar untuk itu. karena buat saya hacking itu adalah art.. Yup! seni untuk bisa menembus ruang dan waktu menyusup bersama jutaan elektron dan disanalah saya dapat kepuasan yang tak ternilai harganya..

Lantas, kalian masuk kedalam katergori mana. Cracker, Hacker, Defacer atau mungkin Script Kiddies? Sekarang itu tidaklah penting. Yang terpenting adalah perbuatan kalian tidaklah merugikan oranglain.

Dikutip dari Rezaandana

1 Komentar untuk "Berhentilah Menjadi Script Kiddie"

Emoticon Urutan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!